Makanan Awetan Berjenis Nabati dan Hewani Yang Sering Dijumpai

Andy

Makanan yang dapat dijadikan kaldu adalah makanan yang memiliki umur simpan yang lama. Tidak hanya ikan sarden, Anda juga bisa mengawetkan ikan asin yang enak disantap dengan sambal pedas.

Meski memiliki bau yang cukup menyengat. Tapi rasa hewan dan tumbuhan kalengan itu enak lho.

Pengolahan makanan kaleng asal hewani atau nabati cukup sederhana. Selama Anda memadukan rempah-rempah dengan kreatif, pengawet ini bisa disajikan dengan nikmat.

Berikut beberapa makanan hewani dan nabati kalengan:

1. Ikan asin

Ikan asin adalah makanan kaleng yang terbuat dari ikan. Selama pengawetan, ikan direndam dalam garam dan dijemur. Meski rasanya sangat asin, ikan asin ini menjadi lauk yang populer di Indonesia.

Ada juga berbagai jenis ikan asin. Ada ikan asin bulu ayam, ikan asin jambal dan teri asin. Ikan asin cocok dipadukan dengan lalapan, saus sambal, atau sebagai pendamping asam jawa.

2. Telur Asin

Telur asin biasanya menggunakan telur bebek. Untuk pengawetan, telur asin dicelupkan ke dalam garam hingga matang. Telur asin aman untuk dikonsumsi langsung. Telur asin enak sebagai pendamping sup atau sayur mentah.

BACA  Tips Melakukan Petualangan Kuliner di Surabaya dengan Mobil Sewaan

3. Udang ebi

Makanan hewan kaleng ini terbuat dari udang kering. Untuk memakan ebi, Anda harus menggorengnya terlebih dahulu. Anda bisa membuat rasa yang sedikit asin seperti campuran sayur lodeh dan sayur pedas.

4. Daging dan ikan asap

Daging asap atau ikan asap adalah produk hewani yang diawetkan yang diolah dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam wadah kemudian diasapi. Ikan asapnya enak dengan kuah santan.

5. Terasi

Terasi adalah makanan hewan kalengan yang terbuat dari udang kering yang digiling halus menjadi pasta. Selain enak dijadikan sambal terasi, rasanya juga enak jika dicampur dengan bumbu di kangkung bakar.

6. Sosis

Sosis terbuat dari daging ayam atau sapi yang digiling halus dicampur dengan bahan lainnya. Sosis juga bisa bertahan cukup lama untuk dimakan. Sosis dapat dimasak hanya dengan digoreng atau ditumis dengan sayuran tumis.

7. Kornet

Daging kornet terbuat dari campuran daging sapi dan bisa dibuat menjadi berbagai macam masakan. Dimulai dengan campuran pasta, mi instan dan diakhiri dengan telur.

BACA  5 Alasan Mengapa Mayonais merupakan Bahan Wajib di Setiap Dapur

8. Acar

Mentimun merupakan makanan awetan yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, terutama berupa sayuran dan buah-buahan, yang kemudian diasamkan dalam cuka. Biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan lain seperti nasi goreng dan sate.

9. Buah kalengan

Buah-buahan seperti mangga, leci, apel, dan nanas dapat disimpan dalam wadah kedap udara. Dengan mengisi wadah kedap udara, tidak ada kuman yang bisa masuk.

Selain itu, cairan dengan gula dan cuka mencegah perkembangan bakteri dan aktivitas enzim pada buah, sehingga lebih tahan lama.

Buah kalengan enak ditambah dengan es dan dijadikan campuran sup buah.

10. Sayuran Beku

Jika Anda berbelanja di supermarket, Anda akan menemukan sayuran beku yang terdiri dari kacang polong, wortel, dan jagung. Ini bisa digunakan sebagai campuran pasta dengan steak.

Jenis makanan awetan diatas sebenarnya bisa anda buat sendiri di rumah. Namun, sebelum mengawetkan makanan tersebut, anda harus tahu tentang tata cara pengawetan makanan yang benar seperti yang sudah dijelaskan oleh situs https://avanda.id.

BACA  Tips Memilih Paket Aqiqah yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tujuannya adalah agar makanan tersebut tidak menjadi busuk dan beracun. Jadi dengan mengetahui teknik pengawetan makanan yang benar akan membuat makanan tersebut tetap aman untuk dikonsumsi.

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar